Rabu, 16 Desember 2015

Harga Suzuki Ertiga Terbaru

Harga Suzuki Ertiga – Suzuki Ertiga adalah sebuah mobil keluarga berbasis 7 orang penumpang yang dikembangkan oleh Maruti Suzuki India Limited yaitu sebuah sister company dari Suzuki Motor Corp yang memiliki home base di India. Nama Ertiga diadopsi dari pengucapan masyarakat Indonesia untuk konsep R3 yang merupakan cikal bakal MPV ini.

harga suzuki ertiga 1

R3 sendiri merupakan saduran dari real three row yang menurut Maruti dan Suzuki diberikan protoype tersebut memang dirancang untuk memberikan akodomasi 3 baris ruang dalam kabinnya tanpa dipaksakan. Dengan demikian para penumpang di dalam kabin Ertiga akan mendapatkan kenyamanan maksimal berkat jarak antar kursi yang cukup luas dan lega.

Protoype Ertiga pertama kali diperkenalkan pada ajang Delhi Auto Show bulan Januari 2010 dan kemudian Indonesia International Motor Show dipertengahan tahun yang sama. Alasan mengapa Suzuki memperkenalkannya pertama kali di India dan Indonesia adalah karena memang kedua negara itu ditargetkan akan menjadi pasar terbesar mobil Ertiga kelak.

India dan Indonesia juga menjadi dua negara pertama yang meluncurkan versi produksi mobil Ertiga, hanya berselang hari setelah world premiere di India pada tanggal 11 April 2012, Indonesia kemudian meluncurkannya pada tanggal 22 April tahun itu juga. Prosesi launching ini menjadi sejarah karena Suzuki Indomobil Sales melakukannya secara besar – besaran dengan menggandeng stasiun Trans TV untuk menyiarkannya secara Live keseluruh nusantara.

Pertama kali dihadirkan di bumi pertiwi, Ertiga ditawarkan dalam 3 macam type yakni GA, GL dan GX dimana ketiganya menggunakan model transmisi manual serta hanya tersedia dalam pilihan single blower air conditioner. Barulah pada bulan Januari 2013, SIS memperkenalkan variant Ertiga AC Double Blower yang disusul oleh Ertiga Matic bulan Mei tahun yang sama, baik type Double Blower dan Matic hanya tersedia pada type GL dan GX, sementara tipe GA tetap dibiarkan sebagaimana adanya.

Selain tiga buah type pertamanya yakni GA, GL dan GX, SIS juga menghadirkan variant khusus dari mobil keluarga andalan mereka itu bernama Ertiga Sporty dan Ertiga Elegant. Perbedaan dari variant Sporty maupun Elegant terletak pada desain eksterior, interior serta kelengkapan fitur – fiturnya, sedangkan dari sisi spesifikasi teknis praktis tidak ada perbedaan dari versi lainnya.

Spesifikasi Mobil Ertiga

Platform, Mesin dan Performa Suzuki Ertiga

Untuk mengakomodir konsep real 3 row miliknya, Suzuki memakai platform kokoh milik Swift JWRC yang telah diakui akan kekokohan dan fleksibilitasnya. Kedua sumbu roda alias whelbase dari platform monocoque tersebut dimelarkan hingga sejauh 2.740mm, sementara dimensi keseluruhan Ertiga untuk panjang, lebar serta tinggi adalah 4.265x1.695x1.685 milimeter dengan ukuran tersebut MPV ini membutuhkan jarak 5,2 meter untuk melakukan rotasi manuver.

Ground clearence Ertiga pun cukup tinggi yakni 185mm dengan jarak pijak depan 1.480, belakang 1.590 hingga membuatnya cukup aman ketika dibawa melintasi medan jalan berbatu atau berpasir, menanjak bahkan genangan air banjir sekalipun yang kerap menghantui para pemilik kendaraan roda empat pada setiap musim penghujan tiba. Sekarang mari kita bedah jeroan utama MPV ini yakni jantung mekanisnya.

Seperti juga platformnya, Ertiga juga memakai model mesin seperti milik saudaranya, Swift yakni mesin K14B berbahan bakar bensin dengan 4 buah silinder yang dipasang sejajar dan 16 buah katup. Dapur pacu berkekuatan 1.373cc ini mampu memberikan dorongan energi hingga 92ps pada 6000rpm serta torsi 130Nm di 4000 pada putaran mesin 4000rpm.

Sistem penggerak roda depan alias front wheel drive memang paling cocok digunakan sebagai tenaga penggerak pada sebuah mobil keluarga urban karena tenaga lebih cepat tersalurkan sekaligus lebih hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar. Selain itu posisi mesin dan axle transmisi yang diletakan pada satu poin di depan membuat ruang kabin tengahnya menjadi lebih nyaman karena tidak adanya tonjolan yang biasa terdapat pada MPV berpenggerak roda belakang.

Urusan hemat menghemat, Ertiga rajanya. Selain memiliki tenaga yang terbilang cukup mumpuni, mesin K14B terbaru yang terpasang dibalik bonnet depannya itu terbuat dari bahan alumunium khusus yang ringan namun ampuh dalam meminimalisir panas dari sistem pembakaran. Beragam teknologi juga disematkan seperti Variable Valve Timing dan teknologi Drive by Wire yang terintegrasi dengan sistem Electronic Control Modul untuk memastikan buka tutup katup berjalan lebih efisien dan efektif.

Fashoionable and Sporty Look Exterior

Desain eksterior mobil Ertiga memang terlihat cukup revolusioner dan terlihat mewah untuk ukuran sebuah Low MPV. Bentuk karoseri unibodinya itu memberikan siluet aerodinamis yang modis dan cukup trendy, begitu pula berbagai ornamen detail termasuk desain bumper baik depan maupun belakang, grill radiator serta spoiler belakang yang sporty itu, jangan lupakan pula headlamp multireflector besar yang dibungkus bingkai beraksen kristal serta diamond shape rear combination lamp with two tone color red and white.

Premium Luxurious Interior Interior

Suzuki Ertiga disebut memiliki desain dan kualitas terbaik diantara seluruh kendaraan bergenre Low MPV yang ada di Indonesia saat ini. Material berkualitas tinggi ditambah aplikasi fitur – fitur modern akan memanjakan para penumpang di dalamnya. Kemudahan pengaturan konfigurasi antar bangkunya memberikan nilai praktis yang memang wajib dimiliki oleh sebuah kendaraan keluarga modern.

Faktor Keamanan dan Keselamatan

Penumpang Untuk faktor krusial juga vital ini, lagi – lagi Ertiga memiliki kategori plus plus. Sistem pelindung penumpang dimulai dari rangka body TECT (Total Effective Control Technology) yang kokoh serta teknologi NVH yang tak hanya berfungsi merekatkan dengan kuat namun juga berfungsi mengurangi gangguan getaran, vibrasi dan kebisingan (Noise, Vibration, Harshness) dari arah luar agar tidak mengganggu kenyamanan para penumpangnya.

4 sisi pintu samping mobil Ertiga diperkuat oleh 4 lempeng baja bertekstur rigid yang disebut side impact beam guna mengurangi dampak berbahaya bagi penumpang ketika terjadi benturan dari arah samping. Di dalam interiornya, Ertiga juga telah dilengkapi Dual SRS Airbags, Child Door Proof Lock dan collapsible steering column. Sementara untuk memproteksi kendaraan dari kemungkinan tindak kriminalitas, Suzuki membekali flagshipnya tersebut dengan fitur security alarm, keyless entry system dan immobilizer.

Well kesimpulannya, Suzuki Ertiga cukup reccomended untuk konsumen keluarga urban, dengan harga yang cukup reasonable dan kemudahan perawatan membuat MPV yang terkenal dengan konsep AMIN (Aman Mewah Irit dan Nyaman) ini memiliki nilai ekonomis tinggi. Tersedianya jaringan penjualan serta purna jual Suzuki yang sangat luas juga menjadi benefit tersendiri bagi konsumennya. Di Indonesia, Ertiga menjadi kompetitor serius untuk Toyota Avanza dan beberapa produk LMPV lainnya seperti Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina maupun Chevrolet Spin.

Untuk pembaca yang ingin mengetahui harga mobil Ertiga terbaru termasuk New Ertiga facelift. jangan ragu untuk bertanya pada kotak komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

2 komentar: